Macam Perangkat Jaringan


1.      NIC (Network Interface Card)
NIC (Network Interface Card) atau Ethernet card adalah perangkat yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan dengan jaringan luar. Pada Ethernet card terdapat beberapa jenis port, diantaranya port BNC (Barrel Nut Connector) dan RJ-45, namun untuk sekarang ini yang sering dipakai adalah port RJ-45.

2.      REPEATER
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal yang melemah karena melewati media transmisi yang panjang. Cara kerja repeater ini sama dengan cara menerima sinyal dari satu segmen kabel kemudian memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal aslinya, sehingga jarak transmisi atau kabel dapat diperpanjang.

3.      HUB dan SWITCH
Hub dan Switch adalah perangkat konsentrator yaitu perangkat yang digunakan untuk menyatukan kabel – kabel dari workstation, server, atau perangkat host lainnya. Kedua perangkat ini biasanya digunakan pada topologi star dan digunakan sebagai konsentrator. Sedang switch sendiri memiliki kemampuan yang lebih baik daripada Hub.

4.      BRIDGE
Fungsi dari Bridge hampir sama dengan repeater, tetapi bridge ini mampu untuk menghubungkan antar jaringan yang memiliki / menggunakan transmisi yang berbeda. Misalnya, jaringan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband. Bridge dapat pula menghubungkan jaringan yang menggunakan tipekabel yang berbeda atau topologi yang berbeda. Bridge juga dapat mengetahui alamat IP setiap komputer pada tiap – tiap jaringan.

5.      ROUTER
Router merupakan perangkat khusus yang digunakan untuk menangani konektivitas antara dua jaringan atau lebih yang terhubung melalui paket switching. Cara kerja router dengan melihat alamat asal dan alamat tujuan dari paket yang melewatinya kemudian router memutuskan rute mana yang harus dilewati paket tersebut untuk sampai ke tujuan. Router mengetahui alamat masing – masing komputer di lingkungan jaringan lokalnya, mengetahui alamat bridge, dan router lainnya.

6.      MODEM
Modem atau modulator-demodulator merupakan perangkat yang berfungsi merubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Secara umum digunakan untuk memperoleh koneksi internet baik menggunakan kabel telepon maupun sinyal mobile.

7.      ACCESS POINT
fungsi dan pengertian dari access point tidak jauh berbeda dengan HUB atau Switch yaitu sama – sama bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal, hanya saja access point ini menggunakan teknologi wireless. Di access point inilah jaringan internet dari tempat anda dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio , ukuran dan kekuatan dari gelombang radio yang dipancarkan akan sangat berpengruh pada coverage dari jaringan itu sendiri 

8.      KABEL
Merupakan media yang digunakan untuk menghubungkan perangkat perangkat yang ada pada satu jaringan. Ada beberapa jenis kabel jaringan yang mungkin kita jumpai di tempat kita seperti kabel UTP, kabel Coaxial, kabel Fiber Optic dll.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam Perangkat Jaringan"

Post a Comment